APA ITU INSEMINASI BUATAN?

APA ITU INSEMINASI BUATAN?

Inseminasi buatan adalah proses pembuahan bersama dengan cara memasukkan sperma ke didalam rahim. Kesempatan hamil bersama dengan program ini umumnya berkisar 5-25%.

Bagaimana prosesnya?

Empat hingga enam minggu sebelum jadwal inseminasi, calon ibu diminta minum pil hormonal untuk merangsang terjadinya ovulasi, yaitu proses matang dan keluarnya sel telur Inseminasi Buatan .

Pada hari-H, calon ayah diminta mengeluarkan sperma bersama dengan cara masturbasi. Kemudian, sperma dicuci dan dipilih yang terbaik. Cairan yang berada di didalam sperma dibuang atau disisakan hanya kira-kira 0,25 mililiter sebelum dimasukkan ke didalam rahim istri bersama dengan dukungan kateter. Teknik ini disebut IUI (Intrauterine Insemination). Cara ini lumayan mudah, tidak sakit dan tidak begitu mahal dibanding program bayi tabung.

Setelah selesai, pasien direkomendasikan tidur telentang selama 10–15 menit untuk berikan kesempatan sperma mencapai sel telur.
Setelah 17 hari, dicermati apakah berlangsung pembuahan atau tidak. Kalau gagal, pasangan direkomendasikan mengulangi kembali hingga empat kali. Kalau selamanya gagal, pasangan direkomendasikan ikuti program bayi tabung.

Bagaimana tingkat keberhasilannya? Tergantung usia calon ibu. Semakin tua usia wanita, mutu sel telur termasuk makin tidak cukup bagus. Selain itu, faktor-faktor seperti mutu sel sperma, endometriosis yang parah dan adanya kerusakan terhadap saluran tuba di rahim, termasuk benar-benar merubah keberhasilan inseminasi buatan. Kesempatan hamil bersama dengan program ini umumnya berkisar 5-25%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *